Wednesday, 21 March 2012

MAKANAN KHAS SULAWESI TENGAH



 Kalau berbicara tentang makanan itu nda akan ada habisnya karena semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula makanan yang diciptakan para koki untuk memanjakan lidah para penikmat kuliner. Meskipun begitu, makanan khas daerah masing-masing daerah di Indonesia tetap menjadi incaran para wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Indonesia. Nah! Berhubung saya berasal dari Kota Palu, saya akan berbagi sedikit tentang makanan khas dari kota saya kota tercinta maupun dari luar palu J baiknya! Yang berminat, silahken dibaca!

Makanan Khas Kota Palu yang patut di coba adalah Kaledo atau Sop Tulang Sapi yang dimakan dengan singkong rebus,  Kaledo adalah makanan khas kota Palu – Sulawesi tengah.Tak heran bila kota Palu terkadang disebut juga sebagai kota KALEDO, hampir semua orang yang pernah berkunjung ke kota Palu pasti pernah mencicipi makanan yang satu ini, belum terasa lengkap kunjungan ke Palu apabila belum mencicipinya.
Kaledo sejenis sup ( makanan berkuah ) tulang sapi yang bening dengan bumbu cabe rawit yang telah dihaluskan, garam secukupnya dan asam mentah yang terlebih dahulu direbus dan dilumatkan. Rasa asam dan pedas inilah yang menjadi ciri khas dari makanan ini. Hampir di semua rumah makan yang ada di kota Palu menyediakan hidangan ini. Sop kaledo sangat segar rasanya, bisa jadi menu berbuka ataupun untuk santap sahur kamu. Tetapi berhati-hatilah dengan rasa pedasnya!
Apabila kamu berkesempatan bertandang ke kota Palu, Sulawesi Tengah, pastikan sop kaledo masuk dalam daftar wisata kuliner kamu. Monggo dicoba! J

Ikan Bakar Khas Palu, sensasinya jangan pernah dilewatkan kawan! Demi apa kelezatannya tak tertandingi dengan ikan bakar dimanapun.
Karena kota palu dikelilingi oleh lautan, maka hasil lautnya pun berlimpah salah satunya ikan bakar khas palu ini.

Uta Kelo atau biasa disebut juga sayur kelor adalah salah satu makanan khas Kaili, suku yang dominan di Kota Palu. Bahan utama dari makanan ini yaitu daun kelor, santan, biasanya juga ditambah potongan ikan dan pisang, rasanya? Uuueeennaakk tenan! Penasaran? Berkunjunglah ke Kota Palu dan rasakan sendiri nikmatnya!

Palumara yaitu sayur ikan dengan kuah asam yang kental, berwarna kuning, dan lumayan berminyak. Paling enak disantap saat panas, biasanya palumara jadi makanan berat pada saat berbuka puasa. Tidak sulit untuk memdapatkan makanan ini karena banyak dijadikan menu dirumah-rumah makan yang ada di sulawesi tengah. Selamat mencoba!

Uvempoi, sejenis Kuah Asam dari Tulang Sapi yang dihidangkan dengan Burasa, yaitu Nasi santan yang dimasak dalam daun pisang. Makanan ini selalu muncul pada saat perayaan idul fitri ataupun idul adha. Cari saya kalo kamu nda nambah!

Uta dada, sejenis opor yang berkuah santan dengan berbahan Ikan atau ayam. Makanan ini masih sering menjadi masakan favorit para ibu di kota Palu apalagi pada saat liburan dan acara-acara besar keagamaan. De pe rasa? Muhammaaa.... narasa!!

No comments:

Post a Comment